Senin, 21 September 2015

5 Tips Merawat Anak Anjing Bagi Pemula

Puppy
Bagi Anda yang baru pertama kali memiliki seekor anak anjing, mungkin Anda bingung bagaimana cara merawat anak anjing kesayangan Anda dengan baik dan benar. Tips merawat anak anjing memang sangat diperlukan bagi mereka yang memiliki pengetahuan terbatas tentang bagaimana cara menjaga dan merawat anak anjing agar selalu bersih dan sehat. Perawatan anak anjing sebenarnya tak ada yang spesial. Sama halnya dengan perawatan binatang-binatang peliharaan lainnya, Anda cukup memperhatikan kebersihan badan, bulu, gigi dan mengatur pola makan mereka dengan benar. Namun secara garis besar Tips Merawat Anak Anjing Bagi Pemula dapat dijabarkan sebagai berikut.

1. Konsumsi Nutrisi Seimbang
Sama sepertihalnya manusia, Pentingkah Memilih Makanan Anjing Yang Bergizi? anak anjing juga perlu mendapatkan nutrisi yang seimbang dari asupan makanan yang ia konsumsi setiap hari. Dikarenakan masih dalam masa pertumbuhan menuju dewasa, anak anjing sangat memerlukan zat-zat gizi untuk mensupport pertumbuhan dan gizinya seperti asupan protein, mineral, lemak  dan vitamin dalam jumlah yang benar. Memberikan makan anak anjing sebaiknya dalam bentuk konsentrat agar mudah dicerna dan baik untuk sistem pencernakannya.

2. Merawat Gigi Anak Anjing
Merawat anak anjing juga harus difokuskan pada kesehatan gigi mereka. Hal ini merupakan hal penting yang wajib dilakukan untuk menjaga gigi anakan anjing tumbuh sempurna. Jika Anda mampu Anda bisa rajin membersihkannya setiap hari dengan sikat dan pasta gigi. Anda juga harus memperhatikan Makanan Sehat Untuk Anjing Kecil untuk menjaga kesehatan giginya, Namun jika Anda takut terjadi kesalahan dalam perawatan gigi anjing Anda, sebaiknya konsultasi secara langsung oleh dokter hewan. Gigi yang jarang atau sama sekali tidak pernah dibersihkan akan menyebabkan sarang kuman dan mengganggu kesehatan si anak anjing terutama dalam hal mengkonsumsi makanan sehari-hari. Hal-hal umum yang dilakukan oleh dokter hawan adalah dengan membersihkan  plak-plak di permukaan gigi untuk mencegah kerusakan giginya.

3. Melatih Anakan Anjing
Seperti yang kita ketahui bahwa anjing merupakan salah satu binatang yang cerdas. Selain merawat anak anjing, melatih anakan anjing Anda sejak dini juga merupakan salah satu treatment bagi mereka untuk dapat mengasah kemampuan dan kecerdasan anjing tersebut. Ajarkan secara bertahap segala hal mulai dari apa yang harus dia lakukan, apa yang tidak boleh ia lakukan hingga tahap-tahap pelatihan dengan instruksi tertentu. Latih dengan sabar, jalin pertemanan seperti seorang sahabat dan buat peliharaan Anda beranggapan bahwa Anda satu-satunya majikan yang peduli dengan binatang tersebut sehingga anakan anjing akan mudah untuk diajari berbagai macam instruksi.

4. Grooming Anak Anjing Anda
Meng-grooming anakan anjing di usia dini secara tidak langsung akan mengajarkan dia bagaimana cara untuk tenang bahkan ketika ada orang lain yang melintas (selain Anda). Grooming anjing di usia dini akan membuat anjing menjadi jinak hingga ia dewasa.

5. Kunjungan Ke Dokter Hewan
Terakhir Konsultasikan dengan dokter hewan mengenai pemberian obat cacing, vaksinasi dan pemberian vitamin dan supplemen pada saat masa pertumbuhan. Karena dengan pemberian obat cacing, vaksinasi/ immunisasi yang teratur akan membuat anjing anda sehat dan sejahtera bebas dari ancaman penyakit menular dari hewan kemanuasia atau sebaliknya.

Sebagian dikutip dari: omgukguk.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar