Sabtu, 26 November 2016

Calici Virus Pada Kucing FCV


Pendahuluan
Infeksi feline calicivirus adalah penyakit pernapasan yang umum pada kucing. Virus menyerang saluran pernapasan - paru-paru dan saluran hidung - mulut, dengan ulserasi pada lidah, usus, dan sistem muskuloskeletal.
Hal ini sangat menular pada kucing yang belum divaksinasi, dan umumnya terjadi pada fasilitas berbagai ras, tempat penampungan, rumah dengan ventilasi yang buruk, dan catteries.

Sementara vaksinasi terhadap calicivirus yang sangat disarankan, vaksinasi telah gagal untuk menurunkan prevalensi penyakit. Infeksi ini dapat terjadi pada kucing dari segala usia, tapi anak kucing muda yang lebih tua dari enam minggu telah ditemukan untuk menjadi yang paling rentan.

Gejala Klinis
Gejala-gejala berikut biasanya menampilkan diri tiba-tiba:
- Kehilangan nafsu makan (anoreksia)
- Keluar air mata berlebihan
- Nasal discharge, Luka pada lidah, langit-langit keras, ujung hidung, bibir atau sekitar cakar
- Pneumonia sulit bernapas setelah pengembangan pneumonia
- Arthritis (radang sendi), Ketimpangan
- Demam, Perdarahan pada beberapa tempat

Penyebab
Kucing biasanya memperoleh kucing Calcivirus (FCV) setelah datang ke dalam kontak dengan kucing yang terinfeksi lainnya, seperti di tempat penampungan, cattery, atau fasilitas asrama. Tetapi karena FCV tahan terhadap desinfektan, kucing bisa datang ke dalam kontak dengan virus di hampir lingkungan apapun. Kurangnya vaksinasi atau tidak tepat vaksinasi dianggap menjadi faktor risiko penting, serta respon imun diturunkan karena infeksi yang sudah ada atau penyakit.

Diagnosa
Anda akan perlu memberikan dokter hewan Anda sejarah menyeluruh kesehatan kucing Anda, timbulnya gejala, dan kemungkinan insiden atau kondisi yang mungkin telah menyebabkan kondisi ini. dokter hewan Anda akan melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh untuk mengevaluasi semua sistem tubuh bersama dengan kesehatan secara keseluruhan kucing Anda. Sebuah profil darah lengkap juga akan dilakukan, termasuk profil darah kimia, hitung darah lengkap, dan urinalisis a. Hasil tes ini, bagaimanapun, sering tidak spesifik dan tidak memberikan temuan yang konsisten untuk diagnosis awal.

Tes diagnostik yang lebih handal melibatkan identifikasi penumpukan antibodi FCV. tes antibodi ini dapat digunakan untuk mendeteksi dan mengukur kadar antigen kucing Calcivirus dan / atau antibodi yang sesuai dengan antigen virus (kucing Calcivirus). Sebuah tes yang lebih canggih yang dapat digunakan melibatkan tumbuh virus terisolasi dalam kondisi yang terkendali menggunakan teknik yang disebut kultur sel.

pencitraan diagnostik dapat digunakan untuk menentukan kerusakan pada paru-paru; sinar-X dada dapat menunjukkan perubahan dalam jaringan paru-paru, termasuk konsolidasi jaringan paru pada kucing dengan pneumonia.

Pengobatan
kucing Anda akan perlu dirawat di rumah sakit untuk perawatan intensif dan pengobatan jika telah mengļembangkan pneumonia atau mengalami perdarahan berat yang mengancam jiwa. Oksigen akan diberikan jika kucing Anda tidak dapat bernapas dengan nyaman karena pneumonia. Meskipun tidak ada obat khusus yang diberikan untuk infeksi virus jenis ini, antibiotik spektrum luas diberikan untuk mencegah atau mengobati infeksi bakteri sekunder yang biasa terlihat dengan infeksi virus. antibiotik tetes mata yang diresepkan untuk digunakan di mata yang terkena, dan pembunuh rasa sakit dapat diresepkan untuk pasien dengan nyeri kaki.

Manajemen
kucing Anda membutuhkan perawatan yang baik sementara pulih dari infeksi calicivirus. Ini mungkin termasuk membersihkan mata dan hidung kucing untuk mencegah akumulasi sekret. Dokter hewan Anda akan merekomendasikan diet makanan yang dibuat dari makanan yang bergizi dan mudah dicerna, untuk diberikan secara berkala sehingga dapat menjaga keseimbangan energi positif dan untuk mencegah kekurangan gizi. Jika kucing Anda menderita ulkus oral, maka akan perlu diberikan makanan lunak. ketidak nyamanan pernapasan dan kesulitan bernapas juga umum, sehingga menyarankan dokter hewan Anda jika mereka harus mengembangkan.  Meskipun vaksinasi belum berhasil menurunkan prevalensi virus ini, vaksin FCV masih pencegahan terbaik untuk kucing.

prognosis keseluruhan kucing Anda tergantung pada tingkat keparahan gejala. Kucing dengan kasus rumit pneumonia, misalnya, biasanya sembuh dalam waktu tiga sampai empat hari. Namun, pneumonia berat dapat mengancam jiwa. bisul dan gejala arthritis lisan, di sisi lain, umumnya sembuh tanpa komplikasi.

Sumber: http://www.petmd.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar