Jumat, 14 November 2014

Toksisitas Acetaminophen / Paracetamol pada Kucing

Acetaminophen merupakan bahan utama dari Tylenol dan beberapa golongan non-aspirin penghilang rasa sakit lainnya. Substansi ini memiliki efek analgesik dan antipiretik. Dosis yang beracun bagi kucing adalah 50-100 mg / kg berat badan. Kucing lebih sensitif terhadap acetaminophen daripada anjing dan karena itu lebih rentan terhadap keracunan acetaminophen. Satu tablet berkekuatan biasa (325 mg) dapat menjadi racun bagi kucing, dan selebihnya bisa mematikan. Salah satu “kekuatan ekstra” (500 mg) tablet dapat mengakibatkan toksikosis.

Acetaminophen dimetabolisme untuk metabolit N-asetil-p-benzoquinoneimine (NAPQI) yang sangat reaktif dalam sel dengan aktivitas P450. Pada sebagian besar spesies, termasuk kucing, mayoritas acetaminophen diekskresikan dalam urin sebagai glucoronide dan konjugat sulfat yang pada dasarnya metabolit yang tidak beracun. Kucing relatif kekurangan aktivitas enzim glucuronyl transferase yang merupakan konjugat antara acetaminophen dan asam glukuronik untuk kemudian diekresikan. Untuk dosis acetaminophen yang diberikan, kurang dari 3% dari glukuronida acetaminophen diekskresikan oleh kucing, sementara manusia dan anjing dapat menghilangkan 50-60% sebagai konjugat glukuronat. Oleh karena itu, acetaminophen pada kucing proporsi yang relatif lebih besar tersedia dan dimetabolisme menjadi senyawa antara reaktif. Persediaan glutathione seluler menjadi cepat habis dalam hati, eritrosit, serta sel-sel lain di seluruh tubuh. Deplesi glutation meninggalkan sel terlindungi dari efek oksidasi dari metabolit beracun acetaminophen yaitu NAPQI.

Kelainan yang paling umum diamati pada pemeriksaan fisik dari kucing adalah: tingkat pernapasan meningkat, pucat-berlumpur selaput lendir, hipotermia, dan takikardia. Tanda-tanda lain adalah SSP depresi, anoreksia, muntah, wajah dan cakar membengkak, air liur, diare, koma dan kematian. Selain gagal hati yang berat, asetaminofen menyebabkan kerusakan sel-sel darah merah. Ini termasuk: Hemolisis, yang merupakan penghancuran sel darah merah, Pembentukan badan Heinz, terbentuk dari presipitasi hemoglobin yang rusak dalam sel darah merah, yang mengarah ke peningkatan kerapuhan osmotik eritrosit dan hemolisis.
Pembentukan methemoglobin, jenis nonfungsional hemoglobin. Hemoglobin memungkinkan sel darah merah untuk membawa oksigen. Ketika methemoglobin terbentuk, sel-sel darah merah tidak dapat membawa oksigen dan kucing memiliki kesulitan bernapas.
Diagnosis biasanya didasarkan pada riwayat konsumsi, tanda-tanda klinis yang tepat, methe-moglobinemia, Badan Heinz anemia, hemo-globinuria, dan pemeriksaan serum enzim hati.

Apa yang harus diwaspadai :
Gejala keracunan asetaminofen berkembang secara bertahap. Gejala dapat terjadi lebih cepat atau lambat tergantung pada jumlah tertelan.

Tahap 1 (0-12 jam).
Gejala-gejala termasuk muntah, kusam, kesulitan bernapas, lesu, anoreksia, kelemahan, gusi berwarna coklat (bukan warna pink normal) dan hipersalivasi.

Tahap 2 (12-24 jam). 
Gejala-gejala termasuk pembengkakan wajah, bibir dan anggota badan, gerakan tidak terkoordinasi, kejang, koma dan potensi kematian.

Tahap 3 (lebih dari 24 jam). 
Gejala yang berhubungan dengan kegagalan hati dan termasuk perut yang menyakitkan, sakit kuning (semburat kuning ke gusi, mata dan kulit).

Pengobatan untuk toksikosis asetaminofen akut pada kucing meliputi:
Induksi muntah diikuti oleh arang aktif (activated carbon) dan katarsis garam jika pengkonsumsiannya dalam waktu 4-6 jam, Terapi oksigen jika ada cyanosis berat. Administrasi acetylcysteine secara intravena atau oral (140 mg / kg sebagai solusi awalnya 5%, diikuti dengan 70 mg / kg IV setiap 4 jam, dengan total 4 sampai 6 perawatan). Acetylcysteine menyediakan diperlukan untuk sintesis sistein agar meningkatkan glutathione. Cimetidine, diperlukan untuk menghambat kerusakan hati
Asam askorbat (30 mg / kg secara oral) untuk pengobatan ethemoglobinemia. Vitamin C harus diberikan setiap 6 jam sesuai kebutuhan. Cairan terapi untuk kemungkinan asidosis.

Sumber : Dr. Anne Marie Manning & Darko Mladenovic, ECFVG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar